Pengertian Investasi Jangka Pendek
Pengertian Investasi Jangka Pendek

Pengertian Investasi Jangka Pendek: Bentuk dan tujuan

Pengertian Investasi Jangka Pendek: Bentuk dan tujuanInvestasi merupakan sebuah kegiatan menanam atau penanaman modal dengan maksud untuk menduai hasil di masa mendatang. Hasil ini diharapkan mampu memberikan yang lebih banyak dibandingkan modal yang ditanam. Istilah investasi ini sangat berhubungan erat dengan dunia ilmu ekonomi dan akuntansi.

Untuk Anda yang berniat untuk melakukan investasi, maka sebaiknya Anda terlebih dahulu menguatkan tekad yang Anda miliki sebab melakukan investasi berarti Anda berani mengambil sebuah resiko. Baik itu resiko dalam skala besar maupun resiko dalam sebuah skala yang kecil. Sebab investasi itu sendiri ada yang merupakan investasi jangka panjang dan juga investasi jangka pendek.

Dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai pengertian investasi jangka pendek yang harusnya cocok untuk Anda coba yang merupakan orang baru dalam dunia investasi. Bila Anda melakukan investasi jangka pendek maka resiko yang harus Anda terima masih tergolong rendah dibandingkan ketika Anda memilih untuk melakukan investasi jangka panjang yang akan memberikan Anda resiko besar.

Menurut Teori ekonomi sendiri pengertian investasi adalah pembelian atau melakukan produksi dari sebuah modal barang yang tidak bisa untuk dikonsumsi tetapi untuk dipergunakan dalam kegiatan produksi yang akan datang. Terdapat beberapa bentuk investasi jangka pendk yang dapat Anda lakukan, namun sebelumnya sebaiknya Anda mempelajari dulu pengertian dari investasi jangka pendek yang cocok dilakukan bagi pemula.

TRENDING:  10 Tulisan Orang Jualan yang Bikin Pembeli Merasa Bingung!

Apa Pengertian Investasi Jangka Pendek

Pengertian

Sebelum mempelajari lebih jauh mengenai investasi jangka pendek, maka sebaiknya terlebih dahulu dibahas mengenai pengertian investasi jangka pendek. Walaupun dari segi penamannya saja sudah sangat jelas apa definisi atau arti dari investasi jangka pendek ini. Investasi jangka pendek yakni sebuah kegiatan menginvestasikan sebuah barang ataupun yang lainnya dalam kurung waktu yang lebih singkat seperti kurang dari 1 tahun.

Jenis investasi ini banyak dilakukan oleh masyarakat karena mempunya resiko yang lebih rendah. Serta nilai investasi yang jauh lebih tinggi atau meningkat, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kerugian yang dapat Anda rasakan karena telah banyak orang yang akhirnya berhasil dalam melakukan investasi pada kategori jangka pendek dibandingkan dengan kategori jangka panjang.

Investasi jangka pendek adalah sebuah kegiatan investasi yang dapat dicairkan segera atau dinadai dari sebuah kelebihan dana yang bersifat sementara yang dilakukan oleh pihak perusahaan.

Tujuan Investasi Jangka Pendek

Terdapat tujuan utama dilakukannya investasi jangka pendek, hal ini tentunya harus ada. Sebab tidak ada sebuah kegiatan yang dilakukan tanpa sebuah tujuan. Tujuan pertama yang bisa Anda rasakan jika melakukan investasi jangka pendek sesuai dengan pengertian investasi jangka pendek adalah menjadikan suatu kelebihan menjadi bermanfaat “cash flow” sementara waktu.

TRENDING:  Tips Memulai Bisnis Online

Kemudian lewat investasi jangka pendek ini Anda juga akan memperoleh sebuah tambahan dana yang dapat Anda pergunakan untuk sebuah kepentingan yang Anda miliki. Baik itu kepentingan bersifat pribadi maupun kepentingan dalam bentuk lainnya.

Namun tujuan utama dari diadakannya investasi jangka pendek pastinya untuk mendapatkan sebuah keuntungan dan tidak merugikan Anda sebagai seorang investor.

Menurut institure of corporate finace terdapat beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika melakukan investasi jangka pendek, yang pertama adalah akan terjadi fleksibilitas yang didapat dari sebuah penarikan dana dari seorang investor.

Hal ini dikarenakan Anda tidak perlu untuk menunggu aset yang Anda miliki untuk habis sebelum pada akhirnya bisa Anda konversi menjadi sebuah uang tunai.

Keuntungan selanjutnya yang bisa Anda terima dari investasi jangka pendek sesuai dengan pengertian investasi jangka pendek adalah Anda bisa memperoleh keuntungan dalam hal materi dalam waktu yang singkat.

Sehingga untuk Anda yang ingin mendapatkan keuntungan namun dalam jangka waktu yang singkat maka Anda bisa melakukan kegiatan investasi ini karena tidak membutuhkan waktu yang lama dan Anda sudah dapat menuai hasil yang Anda impi-impikan.

TRENDING:  Peluang Bisnis Es Pisang Coklat dengan Keuntungan yang Banyak

Bentuk Investasi Jangka Pendek

Terdapat begitu banyak bentuk atau jenis investasi yang bisa Anda lakukan sebagai seorang pemula dalam bidang investasi. Namun sebelum memutuskan untuk melakukan investasi maka Anda harus membulatkan tekad dan tujuan Anda agar Anda tidak goyah dalam berkomiten.

Tabungan Bank

Jenis investasi jangka pendek pertama yang banyak digunakan oleh masyarakat adalah tabungan bank. Yang merupakan jenis investasi yang sangat simpel dan sangat mudah untuk dicairkan, namun yang menjadi kelemahan dari investasi ini adalah hasil yang bisa Anda raih rendah.

Sertifikat Deposito

Jenis investasi selanjutnya adalah serifikat deposito yakni menginvestasikan sejumlah uang menjadi bentuk sertifikat yang mana Anda akan menyetujui bahwa Anda tidak akan mengambil atau menarik uang tersebut dalam jangka waktu tertentu.

Reksadana Pasar Uang

Bentuk deposit selanjutnya adalah dana yang dimiliki akan dinvestasikan pada sebuah instrumen pasar uang seperti membeli sertifikat deposit, sertifakt bank, dan lain-lain.

Itulah pengertian investasi jangka pendek, tujuan investasi, dan juga bentuk-bentuk dari investasi jangka pendek yang banyak dilakukan oleh masyarakat.

Check Also

Cara Mendapat Uang dari Blogger Mudah dan Bisa Anda Lakukan

Cara Mendapat Uang dari Blogger Mudah dan Bisa Anda Lakukan

Cara Mendapat Uang dari Blogger – Mendapatkan uang sekarang ini tidak lagi hanya bisa didapatkan dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *