ArtikelBisnis Online

Pengertian Saham Menurut Para Ahli dan Jenis Saham Berdasarkan Kategori

Pengertian Saham Menurut Para Ahli dan Jenis Saham Berdasarkan Kategori – Dalam ilmu ekonomi, banyak istilah penting yang harus dipelajari jika ingin mendalami bidang tersebut. Salah satunya adalah tentang saham yang sering menjadi pembahasan menarik. Secara umum, banyak orang yang sudah mampu memahami apa itu saham.

Saham sering dikaitkan dengan keuntungan dan investasi, maka hanya orang-orang dari kalangan tertentu yang kerap membahas masalah saham.

Sementara orang yang tidak memiliki urusan dengan saham cenderung enggan membahas arti istilah ini beserta pengetahuan lainnya. Padalah ilmu tentang saham dan jenis-jenisnya ini merupakan wawasan yang perlu dikuasai.

Apa Pengertian Saham Menurut Para Ahli

Pengertian Saham Menurut Beberapa Pendapat

Saham memiliki pengertian yang merujuk pada tanda penyertaan modal dari satu pihak dalam perusahaan atau perseroan. Dengan menyertakan modal, pihak tersebut memiliki ha katas pendapatan keuntungan perusahaan.

Bahkan aset perusahaan juga bisa termasuk dalam klaim pihak tersebut sampai hak hadir dalam rapat umum juga berlaku untuk pemilik saham. Untuk lebih jelasnya, simak juga pengertian saham menurut para ahli.

  • Saham menurut Sapto adalah surat berharga yang merupakan instrumen bukti kepemilikan atau penyertaan individu dalam perusahaan.
  • Saham menurut Widoatmodjo adalah tanda penyertaan atau kepemilikan dalam suatu perusahaan baik itu oleh perseorangan maupun suatu badan.
  • Saham menurut Samsul adalah tanda bukti memiliki perusahaan yang berarti seseorang tersebut juga pemegang saham.
  • Saham menurut Mishkin adalah suatu sekuritas yang memiliki klaim terhadap aset dan pendapatan sebuah perusahaan.
  • Pengertian saham menurut para ahli lain yaitu Gitman adalah bukti paling sederhana dan murni yang menerangkan kepemilikan dalam perusahaan.
  • Saham menurut Rusdin adalah sertifikat atau bukti kepemilikan suatu perusahaan. Pemegang saham berhak klaim atas atau aktiva dan penghasilan perusahaan.
  • Saham menurut Husnan Suad adalah secarik kertas yang menunjukkan hak pemodal dan pemiliknya berhak atas bagian dari kekayaan dengan berbagai kondisi yang memungkinkan.
  • Saham menurut Fahmi adalah salah satu instrumen pasar modal yang peminatnya paling tinggi di kalangan investor. Tingginya minat investor dikarenakan instrumen tersebut mampu memberikan tingkat pengembalian yang menarik.
  • Saham menurut Darmadji dan Fakhruddin adalah tanda penyertaan atau kepemilikan seseorang terhadap perusahaan. Dalam pengertian ini, saham disebutkan dalam wujud selembar kertas dengan keterangan tertentu yang mencantumkan nama pemilik serta perusahaan yang menerbitkannya.
BACA JUGA  Tips Sukses Jualan Online Melalui Instagram

Jenis-jenis Saham menurut Beberapa Kategori

Dari pengertian saham menurut para ahli, menarik juga untuk mengetahui apa saja jenis saham yang dikenal di ilmu ekonomi.

Jenis-jenis saham ini juga termasuk yang sering dibahas di kalangan masyarakat bahkan menjadi bagian dari kehidupan ekonomi mereka. Jenis saham dibedakan menurut beberapa kategori dengan definisi yang berbeda.

Kategori Hak Pengakuan

Di dalam saham terdapat klaim atau hak tagih yang membedakannya menjadi beberapa jenis. Pertama yaitu saham biasa atau common stock yang berarti saham yang menempatkan pemiliknya pada urutan terakhir pembagian keuntungan. Ketika perusahaan harus dilikuidasi, hak pemegang saham atas kekayaan perusahaan juga turut dibagi.

Jenis saham kedua berdasarkan kemampuan klaim adalah saham preferen atau preferred stock. Saham ini memiliki karakteristik gabungan dari obligasi dan saham biasa. Jenis saham ini dapat memberikan pendapatan tetap seperti bunga obligasi namun juga bisa saja tidak menghasilkan seperti yang dikehendaki investor.

Kategori Pencantuman Nama Pemilik

Selain pengertian saham menurut para ahli yang bisa dibedakan menurut beberapa pendapat, jenis saham berdasarkan cara pemeliharaannya juga memiliki pembagian sendiri.

Jenis yang pertama disebut saham atas unjuk atau bearer stock. Jenis saham ini tidak mencantumkan nama pemiliknya sehingga mudah dipindahtangankan dari satu investor ke investor yang lain.

Kedua, saham atas nama atau registered stock. Merupakan kebalikan dari jenis yang pertama, saham ini memperlihatkan nama pemiliknya yang tercantum dengan jelas pada instrumen. Karena terdapat nama pemilik saham, maka jenis saham ini tidak mudah dipindahtangankan.

Pemindahtanganan saham ini harus melalui prosedur tertentu dan proses yang panjang.

Kategori Kemampuan Perusahaan

Berdasarkan kinerja perdagangannya, saham dibedakan menjadi lima jenis yaitu saham unggulan, saham pendapatan, saham pertumbuhan dan saham spekulatif.

BACA JUGA  Peluang Bisnis Es Pisang Coklat dengan Keuntungan yang Banyak

Saham unggulan atau blue-chip stock adalah jenis saham biasa yang dimiliki perusahaan dengan reputasi tinggi. Sebagai leader dalam industri sejenis, perusahaan tersebut memiliki pendapatan stabil dan konsisten untuk membayar keuntungan kepada para pemegang saham.

Saham pendapatan atau income stock atalah jenis saham biasa suatu emiten dengan kemampuan membayar keuntungan yang lebih tinggi. Umumnya keuntungan itu di atas rata-rata keuntungan yang dibayarkan tahun sebelumnya.

Selanjutnya yaitu saham pertumbuhan atau grow stock-well known yaitu saham dengn pertumbuhan pendapatan tertinggi. Kemudian, saham spekulatif adalah saham dari perusahaan yang bisa memperoleh penghasilan tinggi secara konsisten.

Pengertian saham menurut para ahli akan semakin jelas dipahami beserta jenis-jenisnya. Dari satu pengertian umum yang disepakati bersama, ada banyak jenis saham lain yang berbeda menurut kategori tertentu

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button