perusahaan yang ada di indonesia

2 min read

Pengertian Days Sales Outstanding (DSO)

Sebelum membahas apa itu Days Sales Outstanding (DSO), kita harus memahami terlebih dahulu tentang istilah akuntansi dasar, yaitu piutang usaha.

Piutang usaha merupakan pinjaman yang diberikan oleh perusahaan kepada pelanggannya untuk pembelian barang atau jasa dengan cara memberikan faktur. Tidak semua pelanggan membayar faktur tersebut pada saat yang sama, karena terjadinya waktu tunggu antara pengiriman barang atau jasa dengan saat pembayaran faktur.

Oleh karena itu, perusahaan perlu mengukur bagaimana efektif pengelolaan piutangnya. Salah satunya adalah melalui pengukuran DSO.

Apa itu Days Sales Outstanding (DSO)?

DSO atau Days Sales Outstanding merupakan rasio keuangan yang digunakan untuk mengukur rata-rata lama waktu yang diperlukan perusahaan dalam mengumpulkan pembayaran dari pelanggan atas penjualan barang atau jasa. Dalam bahasa Indonesia, DSO dikenal dengan istilah Lama Tagihan Penjualan (LTP).

Perhitungan Days Sales Outstanding (DSO)

Rumus perhitungan DSO adalah:

TRENDING:  sebutkan keuntungan produksi massal

Perhitungan Days Sales Outstanding (DSO)
Source kledo.com

Contoh perhitungan DSO:

Contoh Perhitungan DSO


Source ajaib.co.id

Interpretasi Hasil DSO

Interpretasi Hasil DSO
Source aidevu-images.blogspot.com

Interpretasi hasil DSO bergantung pada jenis bisnis perusahaan. Dalam bisnis yang memiliki siklus penagihan yang panjang, DSO yang tinggi tidaklah buruk, asalkan masih dalam batas yang wajar.

Sedangkan dalam bisnis yang memiliki siklus penagihan yang pendek, DSO yang tinggi dapat menjadi tanda kurang efektifnya perusahaan dalam mengelola piutang usahanya.

Perusahaan dapat menentukan target DSO yang sesuai dengan jenis bisnisnya masing-masing. Namun, umumnya jojnta DSO yang baik adalah antara 30 – 45 hari.

Faktor-Faktor yang mempengaruhi DSO

Faktor-Faktor yang mempengaruhi DSO
Source id.scribd.com

  • Faktur yang kurang jelas
  • Lambatnya proses penagihan
  • Keterlambatan pengiriman barang atau jasa
  • Tingkat kredit yang tinggi
  • Tingkat persetujuan kredit yang rendah
  • Perubahan dalam struktur bisnis

Manfaat DSO

Manfaat DSO
Source www.blog.eriknerum.com

  1. Memahami efektivitas pengelolaan piutang
  2. Meningkatkan arus kas
  3. Menyusun strategi manajemen piutang yang lebih baik
  4. Memberikan informasi tentang risiko kredit
  5. Meningkatkan kepercayaan investor

Cara Mengurangi DSO

Cara Mengurangi DSO
Source jovee.id

  • Meningkatkan efisiensi proses penagihan
  • Mempersingkat siklus bisnis
  • Meningkatkan kualitas informasi faktur
  • Peningkatan kualitas kredit dan koleksi piutang
  • Meningkatkan sumber daya manusia yang terkait

Kesimpulan

Kesimpulan
Source www.metronieuws.nl

DSO merupakan salah satu rasio keuangan penting yang digunakan dalam mengukur efektivitas pengelolaan piutang. Dengan mengatur DSO, perusahaan dapat meningkatkan arus kas, menjaga hubungan dengan pelanggan, serta meminimalkan risiko kredit. Selain itu, perusahaan juga harus memperbaiki atau mengurangi faktor-faktor yang mempengaruhi DSO untuk mencapai target yang telah ditentukan.

TRENDING:  Apa itu Industri dan Contohnya di Indonesia?

Mengapa DSO Adalah KPI Penting dalam Bisnis

DSO adalah ukuran waktu yang dibutuhkan perusahaan untuk mengonversi penjualan kredit menjadi kas. Ini adalah salah satu indikator kinerja kunci (KPI) yang paling penting untuk mengukur efektivitas pembayaran pelanggan dan tingkat likuiditas perusahaan. Berikut adalah alasan mengapa DSO sangat penting dalam bisnis:

1. Meningkatkan Arus Kas

Semakin lama waktu konversi penjualan kredit menjadi kas, semakin lama kas perusahaan terikat hingga uang masuk. Saat DSO berkurang, arus kas perusahaan meningkat.

Meningkatkan Arus Kas
Source www.daffaardhan.com

2. Mengoptimalkan Manajemen Inventaris

Dengan mengetahui DSO, perusahaan dapat memperkirakan waktu yang diperlukan untuk menghasilkan kas dan mengatur produksi dan manajemen inventaris. Dengan demikian, inefisiensi produksi dapat dihindari dan kelebihan persediaan dapat dihindari.

Mengoptimalkan Manajemen Inventaris
Source ekonominator.blogspot.com

3. Mengurangi Biaya Pemrosesan

Semakin lama waktu konversi penjualan kredit menjadi kas, semakin besar biaya pemrosesan yang diperlukan. Dengan menekan DSO, perusahaan dapat mengurangi biaya pemrosesan dan membebaskan sumber daya untuk aktivitas bisnis lainnya.

Mengurangi Biaya Pemrosesan
Source www.blackscripts.net

4. Meningkatkan Efektivitas Manajemen Piutang

DSO membantu perusahaan mengidentifikasi pelanggan yang tidak dapat membayar tagihan tepat waktu. Dengan demikian, manajemen piutang dapat lebih efektif dalam menagih piutang dan mengurangi risiko kredit yang gagal.

TRENDING:  Contoh Motivasi dalam Perusahaan di Indonesia yang Efektif dan Inspiratif

Meningkatkan Efektivitas Manajemen Piutang
Source idmanajemen.com

5. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Dengan mengurangi DSO, perusahaan dapat memenuhi janji untuk memberikan produk atau layanan sesuai dengan persyaratan pelanggan dengan lebih cepat. Ini dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan dan meningkatkan hubungan bisnis jangka panjang antara perusahaan dan pelanggan.

Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan
Source immtoyota.co.id

Alasan Keterangan
Meningkatkan Arus Kas DSO yang rendah berarti arus kas yang tinggi karena konversi dari penjualan kredit menjadi kas lebih cepat
Mengoptimalkan Manajemen Inventaris Dalam mengatur produksi dan manajemen inventaris, perusahaan dapat menggunakan informasi dari DSO untuk merencanakan dengan lebih efektif dan meminimalkan persediaan yang berlebihan
Mengurangi Biaya Pemrosesan Semakin lama waktu konversi penjualan kredit menjadi kas, semakin besar biaya pemrosesan yang dibutuhkan. DSO membantu perusahaan mengurangi biaya pemrosesan dan membebaskan sumber daya lainnya
Meningkatkan Efektivitas Manajemen Piutang DSO membantu perusahaan mengidentifikasi pelanggan yang tidak dapat membayar tagihan tepat waktu. Dengan demikian, manajemen piutang dapat lebih efektif menagih piutang dan mengurangi risiko kredit yang gagal
Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan Dengan meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam mengonversi penjualan kredit menjadi kas, perusahaan dapat memenuhi janji untuk memberikan produk atau layanan sesuai dengan persyaratan pelanggan dengan lebih cepat. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan dan meningkatkan hubungan bisnis jangka panjang antara perusahaan dan pelanggan

Untuk mengetahui apa itu days sales outstanding, kamu bisa membaca artikel days sales outstanding adalah yang akan memberikan penjelasan singkat mengenai konsep ini.

Sampai Jumpa di Waktu yang Akan Datang

Itulah tentang days sales outstanding dan bagaimana hal itu bisa memberikan manfaat bagi bisnis Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi panduan Anda dalam mengoptimalkan pengelolaan piutang. Kami ucapkan terima kasih atas kunjungan Anda. Jangan ragu untuk kembali lagi nanti dan cek artikel menarik lainnya di website kami. Sampai jumpa lagi!

Saran Video Seputar : perusahaan yang ada di indonesia

barang inferior adalah barang

1. Pengenalan Surat Penawaran Barang Surat penawaran barang adalah sebuah surat resmi yang dibuat oleh pemilik usaha atau penjual sebagai salah satu cara untuk...
Andri Afrizal Hakim
3 min read

metode penyusutan aset tetap

1. Pengertian Iklan Baris Iklan baris adalah jenis iklan yang umum digunakan dalam media massa. Iklan baris memiliki ciri-ciri tertentu yang membedakannya dengan jenis...
Andri Afrizal Hakim
4 min read