cara kerja algoritma tiktok

Cara Kerja Algoritma Tiktok dan Faktor yang Menentukan FYP

Tiktok menjadi media sosial yang mengalami pertumbuhan users sangat signifikan, apalagi di tahun 2020-2021. Pengguna Tiktok semakin bertambah sehingga developer Tiktok perlu terus mengupgrade algoritma mereka. 

Konsep media sosial Tiktok bukan seperti Facebook ataupun Twitter, tapi mereka lebih banyak main di visual dan musik. Jadi kunci dasar algoritma Tiktok terletak pada video dan beat. 

Tiktok merupakan satu satunya media sosial yang bisa membuat penggunanya viral dengan mudah. Hal inilah yang kemudian mendorong internet marketer wajib mengetahui cara kerja algoritma Tiktok. Bagaimana cara kerja algoritma Tiktok? Dan faktor apa saja yang membuat video Tiktok anda masuk FYP?

cara kerja algoritma tiktok

Cara Kerja Algoritma Tiktok dan Faktor FYP

Secara umum, algoritma Tiktok bekerja secara open social network. Jadi video yang bagus akan dengan mudah masuk FYP users lain.  Tentu ada beberapa faktor yang menyebabkan video anda masuk FYP orang lain. Oleh karena itu, simak artikel ini sampai beres. 

FYP Tiktok Ditentukan pada Watch Time

Cara kerja algoritma Tiktok yang paling utama ditentukan pada watch time dari sebuah video. Watch time atau waktu tonton semakin lama maka semakin besar kemungkinan video anda masuk FYP orang lain. Apalagi video anda tersebut sampai diulang ulang, itu menandakan jika video anda memang menarik.

Gimana sih cara kerjanya? jadi gini, pertama setelah anda mengupload video di Tiktok, maka secara otomatis video anda akan direkomendasikan oleh kepada beberapa orang. Nah jika orang tersebut menonton video anda sampai habis (watch time nya besar), maka video anda tersebut akan direkomendasikan ke orang lain.

Itulah mengapa jangan heran jika video di Tiktok lebih cepat viral. Relevansi antar users 1 dengan users lainnya juga mempengaruhi algoritma Tiktok. 

Lalu bagaimana cara membuat video Tiktok memiliki watch time yang lama? Caranya mudah, anda hanya perlu membuat video yang menarik dan tidak membosankan. Apalagi di awal awal video tersebut. Jadi orang akan penasaran dengan video anda dan akhirnya mereka akan menonton sampai akhir. 

Baca Juga: 10 Cara Promosikan Makanan Online Untuk Meningkatkan Branding Produk Dan Penjualan Makanan Anda

TRENDING:  Begini Cara Menarik Uang di Snack Video Via Dompet Digital

Jumlah Like Menjadi Faktor FYP

Mungkin watch time menjadi faktor FYP yang paling besar persentasenya. Tetapi anda jangan meremehkan jumlah like, karena ini sangat mempengaruhi video anda masuk FYP orang lain atau tidak. 

Menurut data yang kami himpun, rata rata jumlah like sebuah video di Tiktok itu 1:10. Jadi 1 like untuk 10 tayang atau 10% nya. Jika jumlah like anda lebih dari 10% dari jumlah tayang, maka video anda akan semakin “FYP” di Tiktok orang lain. 

Orang yang memberikan like pada video anda berarti orang tersebut benar benar tertarik dengan video anda. Tiktok memiliki fitur save liked, jadi video yang anda like akan masuk ke page khusus. Sehingga nantinya video tersebut bisa anda tonton kembali.

Interaksi Pada Kolom Komentar dan Share 

Interaksi yang aktif di dalam komentar sebuah video juga menjadi faktor FYP yang membuat video Tiktok anda cepat viral. Interaksi yang natural dapat menimbulkan perasaan users sehingga memicu mereka memberikan like dan share. Kenapa bisa begitu?

TRENDING:  Cara Dapat Uang dari TikTok yang Mudah dan Patut Anda Coba

Jumlah interaksi di dalam komentar dapat menjadi indikasi bahwa video anda memiliki engagement yang tinggi. Tentu komentar yang di kolom komentar bukanlah spam ya. Nggak akan ada bedanya jika kita komen postingan sendiri supaya video kita up di FYP orang.

Selain itu, jumlah share yang berupa download video, salin link, share ke Instagram, dan lain sebagainya dapat memberikan poin positif untuk FYP. Jadi jangan heran jika semakin banyak users mengeshare video anda, maka video anda akan lebih cepat FYP.

Kualitas Video yang Diupload

Siapa sangka jika kualitas video yang diupload dapat menentukan FYP video seseorang. Meskipun begitu, belum tentu kualitas video yang jelek tidak bisa FYP ya. Anda perlu memperhatikan faktor faktor FYP yang besar di poin sebelumnya.

TRENDING:  8 Cara Menyimpan Lagu dari TikTok ke Musik Melalui Website dan Aplikasi

Bagaimana cara membuat kualitas video Tiktok dengan baik? Anda bisa menambahkan filter atau mengedit video supaya lebih jernih. Selain itu, sesuaikan video dengan beat musik, itu akan lebih seru. Fun fact, algoritma Tiktok dapat membaca beat musik video anda loh.

Relevansi dengan Video yang Sedang Trend Saat Itu

Algoritma Tiktok bekerja berdasarkan relevansi yang sedang trend saat itu. Pernahkah anda liat jika ada sesuatu yang sedang viral, maka video lain yang kategori nya serupa akan lebih mudah viral? Contohnya seperti video kategori “a day in my life”, video itu pasti sering muncul di FYP kita.

Tentu itu kembali lagi pada relevansi video anda dengan users intent (keinginan users). Saran saya sebisa mungkin buatlah video yang berkualitas dan menarik buat users.

Baca Juga: Ide Bisnis Dari Korea Berupa Makanan Viral

Demikian adalah penjelasan tentang cara kerja algoritma Tiktok dan apa saja faktor FYP Tiktok. Supaya video anda cepat viral, perhatikan faktor faktor diatas ya. Soalnya video yang viral di Tiktok akan sangat membantu kita dalam mendongkrak marketing ataupun popularitas.

Check Also

jam fyp tiktok

Jam FYP Tiktok untuk Posting Video Supaya Viral

Praktisi media sosial Tiktok tentu harus memiliki analisa yang tajam soal strategi bagaimana cara postingan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *