E-CommerceShopee

Program Gratis Ongkir Shopee untuk Penjual yang Menguntungkan

Mengikuti program gratis ongkir Shopee untuk penjual adalah strategi jitu untuk meningkatkan penjualan toko online kamu. Berjualan di Shopee saat ini menjadi ladang bisnis menjanjikan karena mudah dan praktis. Terlebih lagi marketplace yang satu ini semakin diminati oleh masyarakat sebagai tempat berbelanja secara daring.

Sebagai seller, kamu perlu mengetahui fitur apa saja yang disediakan oleh Shopee bagi penjual untuk meningkatkan performa toko. Satu diantara beberapa fitur penting yang wajib kamu manfaatkan yaitu program free shipping alias gratis ongkir. Karena program ini meringankan pembeli ketika ingin membeli suatu barang.

Dengan adanya fasilitas free biaya kirim, pembeli akan lebih senang karena dapat berhemat. Dengan begitu mereka tidak akan ragu untuk berbelanja di lapak kamu. Nah, kalau kamu belum mengaktifkan fitur ini, sebaiknya sesegera mungkin mendaftarkan diri. Lantas bagaimana cara daftar program gratis ongkir Shopee untuk penjual? Ini tutorialnya.

Mendaftar Program Gratis Ongkir dengan Aplikasi Shopee

Sebelum registrasi di program tersebut, pastikan sudah menginstall aplikasi marketplace ini di mobile phone kamu. Di aplikasi tersebut tersedia fitur Gratis Ongkir Xtra yang dapat ditemukan pada beranda atau home. Tap menu tersebut kemudian akan ada beberapa pilihan. Berikut ini penjelasan tutorial lengkapnya.

  1. Tap menu Gratis Ongkir Xtra.
  2. Selanjutnya pengguna diarahkan ke halaman selanjutnya, lalu pilihlah opsi “Semua Gratis Ongkir”.
  3. Pada kotak menu berikunya, tap di bagian opsi “Daftar Sekarang”.
  4. Selanjutnya, pengguna akan diminta untuk menginput data diri berupa nama serta nomor e-KTP.
  5. Setelah input data nomor e-KTP, kamu harus mengunggah foto selfie dengan memegang e-KTP. Pastikan agar foto diri dan juga e-KTP tersebut terlihat jelas agar tidak ditolak.
  6. Jangan lupa mencentang kotak kecil yang menyatakan persetujuan terhadap syarat dan ketentuan berlaku.
  7. Lalu tekan opsi “Kirimkan”.
  8. Berikutnya tunggu pengajuan program tersebut diproses oleh pihak Shopee. Kamu akan menerima notifikasi dalam waktu paling lama 2×24 jam.
BACA JUGA  Cara Berjualan di Marketplace untuk Para Pemula

Program gratis ongkir Shopee untuk penjual akan aktif jika permohonanmu diterima. Selanjutnya, pelanggan akan mendapatkan fasilitas potongan ongkos pengiriman dengan jumlah nilai belanja tertentu. Satu diantara faktor suksesnya seller pada platform marketplace ini adalah memberikan fasilitas gratis ongkos kirim yang memudahkan konsumen saat berbelanja.

Mendaftar Program Gratis Ongkir Via Desktop/Laptop

Selain lewat aplikasi, kamu juga dapat mengajukan pendaftaran program free ongkos kirim Shopee melalui website resmi marketplace berwarna khas oranye tersebut. Pada halaman beranda, akan ada beberapa pilihan menu. Pilihlah menu Gratis Ongkir Xtra. Berikutnya user akan diarahkan ke halaman berikutnya.

Tap opsi “Semua Gratis Ongkir” kemudian pilih “Daftar Sekarang”. Langkah berikutnya, halaman akan menampilkan kode QR yang dapat dipindai (scan). Kemudian scan kode QR tersebut, lalu kamu akan diarahkan untuk registrasi program gratis ongkir Shopee untuk penjual via aplikasi.

Pada dasarnya proses pendaftaran baik melalui aplikasi smartphone maupun via PC tidak berbeda jauh. Kamu hanya perlu menyiapkan e-KTP saja karena data nomornya akan diminta sebagai syarat pendaftaran. Selain nomor kartu identitas tersebut, penjual juga harus mengunggah foto diri sambil memegang e-KTP. Tentunya cara ini sangat mudah dan praktis.

Jika fitur ini sudah aktif, kamu bisa menjual berbagai produk via Shopee dengan memberikan potongan biaya kirim kepada konsumen. Besarnya potongan yaitu Rp10.000 dengan minimal pembelian Rp30.000 untuk wilayah Pulau Jawa. Meskipun nominalnya kelihatannya sedikit namun fitur ini sangat digemari para online buyer.

Baca Juga: Cara Ikut Flash Sale Shopee

program gratis ongkir Shopee untuk menjual

Keuntungan Program Free Ongkir untuk Penjual

Ada keuntungan yang bisa didapatkan dari program gratis ongkir bagi penjual, diantaranya adalah sebagai berikut:

BACA JUGA  Cara Gratis Ongkir Shopee untuk Pembeli, Belanja Jadi Hemat

1.Meningkatkan Penjualan Produk

Apabila seller mengaktifkan program gratis ongkir Shopee untuk penjual otomatis akan dapat meningkatkan kinerja toko online yang dikelola. Fasilitas tersebut memberikan kesempatan bagi konsumen untuk menghemat uangnya sehingga lebih disenangi. Lain halnya jika toko tidak memberikan fasilitas free ongkos kirim tersebut.

2.Mendapatkan Exposure Lebih Baik

Konsumen yang memanfaatkan platform Shopee untuk belanja online kebanyakan memanfaatkan fasilitas gratis ongkos kirim karena lebih hemat. Kalau kamu mengaktifkan program gratis ongkir Shopee untuk penjual ini, Shopee akan memberikan exposure kepada toko online pada halaman Gratis Ongkir. Dengan kata lain, jangkauan online shop menjadi semakin luas.

3. Rekomendasi Pencarian menggunakan Filter Gratis Ongkir

Kamu pastinya pernah berbelanja online dan mengaktifkan beberapa filter, seperti lokasi, harga, merek, hingga fasilitas gratis biaya pengiriman. Nah, apabila mengaktifkan program gratis ongkir Shopee bagi penjual, otomatis tokomu akan muncul pada page dengan filter pencarian tersebut. Jadi semakin mudah memperoleh konsumen yang melakukan transaksi guna membeli produkmu.

Baca Juga: 7 Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee

Kegiatan belanja online semakin hari kian digandrungi masyarakat. Ini menjadikan persaingan antar seller pada platform marketplace khususnya Shopee menjadi semakin ketat. Tetapi tidak perlu khawatir, dengan memanfaatkan fasilitas program gratis ongkir Shopee untuk penjual, kamu dapat meningkatkan penjualan produk setiap harinya.


SEKARANG ANDA BISA MENDAPATKAN ORDERAN TIAP HARI DARI SHOPEE

Lebih Dari 2.258+ Orang Belajar Di KELAS SHOPEE

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button