Cara Budidaya Ikan Neon Tetra Yang Mudah Dan Menguntungkan

Cara Budidaya Ikan Neon Tetra Yang Mudah Dan Menguntungkan

Cara Budidaya Ikan Neon Tetra – Usaha untuk budidaya ikan hias banyak dilakukan di Indonesia. Sebab ikan hias makin hari semakin banyak penggemarnya karena tampilan dari berbagai jenis ikan yang sangat cantik. Sehingga tidak heran jika budidaya ikan hias termasuk usaha yang sangat menguntungkan khususnya di Indonesia.

Salah satu ikan yang bisa dibudidayakan ialah ikan tetra. Walaupun termasuk jenis ikan yang bertubuh kecil namun ikan yang mempunyai habitat asli dari Sungai Amazon di Amerika Latin ini memiliki tampilan warna yang sangat cantik serta tergolong sebagai ikan yang agresif karena gerakan dari ikan tetra ini cukup cepat.

Ikan tetra sendiri terdiri dari berbagai jenis mulai dari blue tetra, green tetra, silver tetra, dan neon tetra yang semuanya mempunyai warna-warna dan tampilan yang indah. Di antara varian spesies ikan tetra tersebut ikan yang paling terkenal dan paling banyak diminati ialah ikan berjenis neon tetra.

Mempunyai warna yang bervariasi mulai dari warna merah dan hijau, ikan neon tetra ini akan terlihat cukup mencolok jika ditaruh di dalam akuarium sebagai ikan hias. Selain itu neon tetra mempunyai tubuh yang transparan dan disertai dengan garis berwarna merah dan biru.

TRENDING:  7 Cara Budidaya Udang Air Tawar di Aquarium Rumah yang Menguntungkan

Bentuk ikan neon tetra jantan lebih ramping dan panjang jika dibandingkan dengan ikan neon tetra betina yang memiliki bentuk bulat pendek serta perut yang terlihat agar membesar. Sedangkan neon jantan garis neonnya berbentk lurus jika dibandingkan dengan neon ikan tetra betina yang agar bengkok.

Dilihat dari banyaknya permintaan akan ikan hias khususnya ikan neon tetra ini, sehingga melakukan budidaya neon tertra bisa menghasilkan keuntungan yang sangat besar. Bahkan tak jarang permintaan untuk ikan hias banyak diekspor ke luar negeri. Jika Anda berminat melakukan usaha budidaya ikan hias, berikut akan diuraikan cara budidaya ikan neon tetra.

Memilih Induk Ikan

Sebelum memilih indukan ikan neon tetra, ada baiknya jika Anda mengetahui ciri-ciri dari ikan neon tetra tersebut. Untuk ikan neon jantan tubuhnya tampak lebih panjang dan ramping serta mempunyai garis neon yang lurus. Selain itu gerakan ikan neon tetra jantan lebih lincah.

Sedangkan untuk ikan neon betina memiliki tubuh yang pendek serta bergerak dengan lamban. Lalu pada bagian perutnya mempunyai garis neon yang tampak bengkok dan bentuk perut lebih gemuk.

Pemeliharaan ikan neon betina dan jantan dipisah, lalu indukan ditebar pada akuarian dengan jumlah 200 ekor untuk setiap akuraium. Selanjutnya gunakan air yang bersih dan steril dengan tingkat keasaman berkisar kurang dari 6,4. Agar bisa mendapatkan air akuarium yang baik, Anda bisa mengendapkan air tersebut selama 24 jam atau selama 1 hari penuh. Kemudian letakkan akuarium pada daerah yang gerap yang mempunyai suhu antara 20 derajat celcius.

TRENDING:  Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal Untuk Pemula

Pemijahan Ikan Neon Tetra

Untuk proses pemijahan ikan neon tetra dilakukan di dalam tempat yang memakai air yang bersih dan steril dan telah didiamkan selama 1 sampai 2 minggu. Gunakan area pengembangbiakan yang telah disterilkan dengan campuran tawas dan beberapa tetes air hasil merendam kayu asam yang di diamkan selama 2 sampai 3 hari.

Setelahnya induk ikan yang telah dipasangkan siap untuk dimasukkan ke dalam tempat dan dipijah. Selama proses pemijahan tersebut berlangsung, induk bisa diberikan pakan berupa jentik nyamuk. Proses pemijahan induk dimulai pada malam hari serta berlangsung selama 3 hingga 4 jam. Jika proses pemijahan selesai maka induk pun bisa ditaruh di dalam akuarium.

Perawatan Telur Ikan Neon Tetra

Cara budidaya ikan neon tetra setelah telur dari ikan tersebut menempel ada baiknya telur tidak disimpan di tempat yang terkena sedikit pun sinar. Hal ini dikarenakan telur dari ikan neon tetra tersebut sangat sensitif dengan sinar dan bisa membuat telur tidak akan bisa menetas jika terkena sinar.

Telur akan meneteskan larva setelah diberi antibiotik misalnya Malachite Green Oxalate atau MGO setelah 24 jam dan diberi 0,01 mg/liter air. Untuk 4 liter air bisa juga diberikan 1 tetes Methylene Blue atau MB. Kemudian setelah telur berumur 3 hari larva maka dapat diberikan pakan alami seperti nauphli artemia ataupun rotifera.

TRENDING:  Cara Budidaya Ikan Cupang Hias Yang Benar

Tata Cara Merawat Anak Ikan Neon Tetra

Apabila larva telah berusia 7 hingga 10 hari maka larva dapat dipindahkan ke dalam akuarium yang berukuran 100 x 50 x 40 cm. Untuk perawatan ikan neon tetra tersebut pakan yang diberikan yaitu cacing rambut (tubifex) maupun kutu air dengan jumlah frekuensi untuk memberi pakan sebanyak 2 kali pakan dalam sehari.

Sedangan untuk proses penggantian air pemeliharaan dapat dilakukan dengan cara disipon dan penggantian air tersebut bisa diganti tiap 5 sampai 7 hari sekali. Ikan neon tetra ini dipelihara hingga 25 hari sampai ikan tersebut berukuran 1 cm.

Keuntungan Budidaya Ikan Neon Tetra

Bisnis untuk pembudidayaan ikan neon tetra tergolong cukup mudah dan gampang dirawat. Sementara itu harga per ekor ikannya pun bisa sangat mahal. Keuntungan yang didapatkan dari membudidaya ikan neon tetra sangat besar.

Untuk anakan ikan berusia 40 hari yang hanya berukuran 0,8 cm bisa dihargai dengan Rp 150.000 per ekornya. Sedangkan untuk ikan neon tetra yang berukuran 3 cm harganya bisa mencapai Rp 600.000 per ekornya.
Itulah informasi mengenai cara budidaya ikan neon tetra, semoga bermanfaat untuk Anda.

Check Also

Cara Budidaya Lobster Air Tawar di Kolam Terpal

Cara Budidaya Lobster Air Tawar di Kolam Terpal

Cara Budidaya Lobster Air Tawar di Kolam Terpal – Lobster merupakan hewan yang dapat dimakan, dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *