7 Alternatif Bisnis Peternakan yang Menjanjikan

2 min read

Terdapat berbagai peluang bisnis yang sangat menjanjikan sekarang ini. Salah satunya yaitu bisnis peternakan yang menjanjikan serta menggiurkan. Banyak alternatif bisnis peternakan yang bisa dicoba, tentunya dengan prospek yang bagus.

7 Alternatif Bisnis Peternakan yang Menjanjikan

Berikut beberapa alternatif bisnis peternakan dengan prospek yang menjanjikan:

1. Bisnis Peternakan Ayam Kampung

Banyak sekali orang yang menggemari ayam dengan jenis ayam kampung. Karena, memang rasanya lebih gurih dan lebih sehat untuk dikonsumsi. Tak hanya dagingnya saja yang dapat dikonsumsi, namun juga telur ayam kampung juga sangat bergizi. Tak heran jika banyak yang menyukainya.

Apabila banyak yang menyukai maka tentunya banyak yang mengincarnya. Tentunya akan menjadi prospek yang bagus ke depannya. Peternak ayam kampung ini bisa memasarkan hasil ternak nya ke berbagai pasar. Salah satunya yaitu ke rumah-rumah maka yang biasa menyajikan ayam kampung.

2. Bisnis Peternakan Ayam Pedaging

Selain ayam kampung, banyak juga menyukai ayam jenis pedaging. Rasanya memang tidak segurih ayam kampung. Namun, banyak yang menyukai karena teksturnya lebih lembut dibandingkan ayam kampung. Jenis ayam ini juga harganya lebih murah jika dibandingkan dengan ayam kampung.

TRENDING:  Tujuan dan Manfaat Studi Kelayakan Bisnis bagi Pengusaha

Bahkan, untuk setiap harinya pasti ada saja yang membeli ayam pedaging. Tentunya jika memiliki peternakan ayam pedaging ini, maka akan menjadi keuntungan yang besar. Peternak bisa menjualnya setiap hari, baik itu di pasar, warung, maupun ke supermarket.

3. Bisnis Peternakan Ayam Petelur

Bagian ayam tidak hanya bisa dikonsumsi dagingnya saja, tetapi telurnya juga sangat dibutuhkan. Bahkan, konsumsi telur sekarang semakin meningkat dan pasti ada saja yang membelinya. Peluang tersebut dapat dijadikan sebuah bisnis yang menggiurkan dan juga memberikan keuntungan.

Seseorang bisa melakukan ternak ayam dan hanya diambil telurnya saja. Apalagi, untuk masa ternaknya sangat cepat. Jadi, bisa dipastikan ayam akan terus bertelur dengan produktif. Apabila terus menghasilkan telur dengan cepat, maka kemungkinan besar untung juga akan lebih cepat.

4. Bisnis Peternakan Bebek

Bisnis peternakan yang menjanjikan selanjutnya yaitu bisa dengan memulai usaha bebek. Banyak orang juga yang sangat menyukai daging yang ada di dalam bebek. Rasanya lebih gurih dibandingkan ayam. Selain itu, untuk teksturnya juga lebih lembut dan sangat lezat untuk dinikmati.

Bahkan, tidak hanya bisa diambil dagingnya saja. Bisa juga diambil telurnya yang juga tidak kalah lezatnya. Telur bebek juga dijual di pasaran dengan harga yang sedikit lebih mahal dibandingkan ayam. Telurnya bisa juga dijadikan telur asin yang dapat dijual kembali.

TRENDING:  Memulai Usaha Budidaya Pembenihan Ikan Konsumsi

Untuk dagingnya bisa langsung dijual ke warung makan yang khusus menjual makanan olahan bebek. Tak jarang pula ada yang membeli unggasnya untuk dipelihara kembali. Apabila konsisten, sudah pasti akan menghasilkan cuan yang tak sedikit.

5. Bisnis Peternakan Kelinci

Belum banyak yang mengetahui jika kelinci juga dapat dijadikan bisnis peternakan yang menjanjikan dan juga memiliki prospek yang bagus. Hewan lucu tersebut tidak hanya bisa dijadikan hewan peliharaan saja. Tetapi, juga bisa diambil dagingnya untuk dikonsumsi.

Bisnis satu ini bisa dimulai dengan menentukan jenis kelinci apa yang akan diternakan. Pasalnya, setiap jenis kelinci mempunyai perawatan yang berbeda-beda. Untuk nilai jualnya juga berbeda-beda. Jadi, pastikan dahulu jenis apa yang dibutuhkan di pasaran dan banyak yang mengincarnya.

6. Bisnis Peternakan Ikan Hias

Untuk bisnis peternakan yang menjanjikan berikutnya yaitu bisa mencoba bisnis ikan hias. Jenis ikan hias ini memang banyak yang menyukai dan juga menggemarinya. Apalagi jika memiliki bentuk serta warna yang bagus, sudah pasti orang akan langsung membelinya.

Peluang tersebut dapat dijadikan kesempatan untuk memulai sebuah usaha. Untuk harga jualnya juga terbilang lebih mahal daripada ikan konsumsi. Bahkan, jika bentuknya semakin bagus dan besar maka nilai jualnya semakin mahal. Tentunya hal tersebut akan memberikan keuntungan yang menggiurkan.

TRENDING:  Cara Budidaya Cacing Sutra Yang Menguntungkan

Banyak jenis ikan hias yang bisa diternak, mulai dari yang standar hingga yang memiliki kualitas yang bagus. Namun, harus diimbangi pula dengan pengetahuan memelihara ikan hias yang bagus. Karena, bila perawatan yang dilakukan sembarangan bisa merugikan si peternak.

7. Bisnis Peternakan Belut

Peluang bisnis peternakan yang menjanjikan yang terakhir yaitu datang dari hewan belut. Mungkin untuk ternak hewan satu ini masih jarang dilakukan. Karena, sedikitnya informasi yang pasti tentang pemeliharaan hewan belut ini. Padahal, bisa dijadikan sebuah alternatif bisnis yang menghasilkan.

Apalagi banyak yang menyukai daging dari belut ini. selain, karena rasanya yang lezat tetapi juga memiliki kandungan gizi yang bagus. Bahkan, sering juga dijadikan salah satu hewan yang dibutuhkan pada acara-acara tertentu. Jadi, tentunya sudah pasti memiliki pasar yang sangat bagus.

Untuk memulai bisnis ini, bisa dimulai dengan menyiapkan lokasi atau lahan untuk memelihara belut. Kemudian, pilih juga jenis bibit belut yang unggul serta berkualitas. Jangan lupa untuk melakukan perawatan yang bagus dan juga konsisten. Supaya, nantinya bisa menghasilkan keuntungan.

Baca Juga: Pengertian Agribisnis: Manfaat, Komponen, Ruang Lingkup, dan Contoh

Itulah berbagai bisnis peternakan yang menjanjikan dan menghasilkan keuntungan yang besar. Jika tertarik dengan bisnis peternakan, maka bisa mencoba alternatif di atas. Tentunya harus diimbangi pula dengan pengetahuan pemeliharaan yang bagus.