Ingin Mencoba Berjualan di Lazada Berikut Cara Jualan di Lazada untuk Pemula

Ingin Mencoba Berjualan di Lazada? Berikut Cara Jualan di Lazada untuk Pemula

Banyak pebisnis online yang memanfaatkan Lazada untuk memasarkan produknya. Bukan tanpa alasan, marketplace satu ini memberikan banyak kemudahan bagi para seller untuk berjualan melalui platform tersebut.

Selain mudah, berjualan di platform Lazada juga memiliki banyak keuntungan, salah satunya fitur lengkap milik Lazada yang bisa digunakan oleh para seller. Berikut cara jualan di Lazada untuk pemula yang bisa kamu tiru.

Cara Mudah Berjualan di Lazada

Sebelum berjualan, Anda perlu melakukan beberapa langkah penting terlebih dahulu. Berikut 7 langkah cara untuk berjualan di platform Lazada khusus para pemula.

1. Melakukan Riset dan Memilih Produk

Pertama, Kamu perlu melakukan riset dan memilih produk yang tepat untuk dijual di platform ini. Riset ini dilakukan agar produk yang kamu jual bisa cepat laku. Untuk kamu yang ingin berjualan tanpa harus repot stok barang dan tentunya dengan modal kecil, kamu bisa memilih menjadi dropshipper. Kamu bisa mencari supplier di dekat daerah tersebut.

Sebaiknya, cari supplier yang belum memiliki akun jualan di Lazada. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi jumlah pesaing yang menjual barang serupa di Lazada.

2. Mendaftar Sebagai Seller

Setelah menemukan produk yang akan dijual, Kamu perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu sebagai seorang seller. Untuk mendaftar sebagai seller, berikut tutorial yang bisa kamu ikuti.

  • Pertama, kunjungi halaman sellercenter lalu klik tombol Daftar Sebagai Penjual Lazada.
  • Setelah itu, akan muncul beberapa jenis pilihan yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginanmu. Ada dua jenis akun yang bisa dipilih yakni perorangan dan perusahaan. Kedua jenis akun ini memiliki persyaratan yang berbeda. Untuk mendaftar sebagai akun perorangan, kamu harus memiliki identitas seperti KTP atau Paspor yang masih berlaku dan tentunya harus sudah berusia 18 tahun. Sedangkan akun perusahaan menerapkan syarat harus memiliki NIB atau Nomor Induk Berusaha dan Izin Usaha yang masih berlaku.
  • Masukkan nomor HP yang belum pernah terdaftar sebelumnya.
  • Setelah itu geser untuk melakukan proses verifikasi sebagai bagian dari proses pendaftaran.
  • Tunggu hingga Lazada mengirimkan digit nomor verifikasi melalui SMS lalu masukkan pada kolom yang sudah tersedia. Jangan lupa untuk memasukkan kata kunci dan mengulangnya.
  • Masukkan alamat email dan nama tokomu lalu centang bagian persetujuan. Terakhir, klik daftar.
TRENDING:  Cara Jualan di Shopee untuk Pemula dengan Mudah

3. Mendaftarkan Alamat Penjual atau Gudang

Setelah proses pendaftaran berhasil, kamu perlu mendaftarkan alamat penjual atau gudang. Nantinya alamat ini akan tercantum di Lazada dan digunakan untuk menentukan besaran biaya ongkir ke alamat pembeli.

Hal pertama yang perlu kamu isi adalah alamat gudang, data yang diminta berupa wilayah, provinsi, kota, dan distrik. Setelah itu jika alamat bisnis dan pengembalian sama, abaikan saja lalu klik Konfirmasi.

4. Mengupload Produk

Setelah ketiga langkah tersebut berhasil dilakukan, selanjutnya kamu perlu mengupload produk yang akan kamu jual. Ada cukup banyak langkah yang harus kamu lakukan untuk bisa mengupload produk di Lazada. Pertama, klik menu produk lalu tambah produk, kemudian masukkan nama produk. Pilih kategori yang sesuai, masukkan URL video.

Sebagai pelengkap, masukkan detail atribut dari produk yang kamu jual. Isi beberapa kolom yang diperlukan, mulai dari merek, jenis bahan, tahun pembuatan, jumlah produk, model, motif, dan beberapa pilihan yang sesuai dengan kategori produk. Agar pelanggan semakin yakin untuk membeli produk kamu, tambahkan deskripsi produk pada kolom yang sudah tersedia.

TRENDING:  Cara Berjualan di Shopee dan Mendapatkan Banyak Orderan

Masukkan keterangan tambahan berupa harga dan stok. Ada beberapa keterangan tambahan yang juga harus kamu tambahkan yakni ukuran, bagan ukuran, harga, warna, jumlah stok, harga diskon, dan seller SKU. Setelah mengisi seluruh data yang diperlukan, pastikan konten skornya sudah berada pada nilai 90-100. Terakhir klik menu submit, produk kamu berhasil diupload.

5. Melakukan Verifikasi ID dan Bank

Cara jualan di Lazada untuk pemula yang selanjutnya adalah melakukan verifikasi ID dan bank. Sebagai seorang seller, informasi perihal ID dan bank adalah hal penting yang wajib diisi. Cara melakukan verifikasi ini adalah buka halaman utama terlebih dahulu. Setelah itu klik menu verifikasi ID dan bank. Masukkan nama depan, nama belakang, dan nomor identitas seperti KTP, SIM, Paspor, atau lainnya.

Unggah foto sisi depan SIUP atau KTP kemudian masukkan nama pemilik dan nomor rekening. Pilih bank, masukkan nama cabang, kode bank, dan SWIFT. Unggah foto buku tabungan atau giro, terakhir klik konfirmasi. Sebagai informasi, nama di rekening harus sesuai dengan nama pemilik usaha. Umumnya, proses verifikasi ini memakan waktu 2 x 24 jam.

6. Melakukan Optimasi dan Promosi Toko

Setelah proses verifikasi berhasil, kamu bisa lanjut melakukan optimasi dan promosi toko. Hal ini dilakukan agar usahamu bisa semakin maju dan memiliki banyak pelanggan. Untuk melakukan optimasi toko, ada dua langkah yang bisa kamu ikuti. Pertama akses menu Dekorasi Toko lalu klik Growth Center. Tokomu akan melakukan optimasi secara otomatis.

Untuk melakukan promosi toko, kamu bisa mengakses menu promosi lalu menggunakan fitur promosi yang telah disediakan. Ada beberapa fitur promosi yang disiapkan oleh Lazada dan bisa digunakan oleh seluruh sellernya, mulai dari campaign, flexi combo, free shipping, bundles, dan seller voucher.

TRENDING:  Tutorial Cara Retur Barang di Shopee dengan Mudah

7. Memproses Pesanan

Setelah ke enam cara diatas dilakukan, kamu tinggal menunggu adanya pesanan yang masuk. Cara memproses pesanan yang masuk melalui platform Lazada ini sangatlah mudah. Pertama, klik menu Pesanan dan Ulasan pada bagian Seller Center. Setelah itu centang pesanan masuk yang akan kamu proses, klik Cetak. Pilih Cetak Faktur untuk Barang yang sudah terpilih dengan klik Cetak atau CTRL + P. Untuk mencetak label, kamu bisa mengklik menu Cetak lalu pilih Cetak Label Pengiriman Pada Barang yang Terpilih.

Masukkan hasil cetak faktur ini ke dalam paket. Tempelkan hasil cetak faktur paket ini di bagian luar sebagai petunjuk pengiriman. Setelah itu klik Produk yang Siap Dikirim pada bagian menu Pesanan dan Ulasan. Atur produk menjadi Siap Dikirim.

Setelah melakukan tujuh cara jualan di Lazada untuk pemula diatas, kamu sudah memiliki toko online di platform Lazada yang siap digunakan. Agar produkmu semakin banyak dikenal orang, optimalkan penjualan menggunakan media sosial dan website. Hal ini akan memudahkan pelanggan untuk menemukan tokomu. Selain itu, usaha onlinemu akan terlihat lebih professional.

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menjadi seller di platform Lazada, salah satunya adalah memiliki komunitas seller dan pelatihan gratis yang dapat membantu meningkatkan kemampuan berjualanmu. Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya?

Pastikan untuk menggunakan berbagai cara yang ada di atas ya! Dengan menggunakan berbagai cara yang telah kami berikan di atas, Anda akan bisa berjualan online di Lazada dengan mudah dan praktis. Semoga bermanfaat!

Check Also

Cara pengembalian barang di Shopee

5 Cara Pengembalian Barang di Shopee Anti Gagal

Memahami cara pengembalian barang di Shopee untuk penggunanya menjadi pengetahuan wajib terlebih waktu mengalami pengalaman …